Alat dan Bahan
- Kertas Karton
- Kertas Manila Hitam
- Kertas Manila Putih
- Kertas warna
- Kawat pengait
- Cutter
- Gunting
- Penggaris
- Pensil
- Spidol
- Double selotip
Prosedur Pembuatan
- Potong kertas karton menjadi bentuk lingkaran dengan berdiameter 80 cm dan 60 cm.
- Bagi lingkaran berdiameter 80 cm menjadi 18 bagian juring yang sama besar.
- Tempeli juring tersebut dengan kertas warna-warni, dan tuliskan nama berbagai polimer pada setiap juring.
- Buat 4 kotak lubang ukuran 2 x 8 cm (untuk menuliskan klasifikasi polimer yang terdiri dari nama monomer, jenis monomer, polimerisasi, dan kegunaan/sumber dari polimer) pada lingkaran berdiamater 60 cm, yang letak masing-masing lubang tersebut berada pada jarak/jari-jari yang berbeda dari titik pusat lingkaran berdiameter 60 cm.
- Buat lingkaran berdiameter 60 cm dari kertas manila hitam dan kertas manila putih
- Tempelkan lingkaran dari kertas manila hitam tersebut pada lingkaran kertas karton berdiameter 60 cm.
- Tempelkan lingkaran dari kertas manila putih tersebut pada lingkaran kertas karton berdiameter 80 cm .
- Kaitkan lingkaran kertas karton berdiamater 80 cm (sebagai alas bagian bawah) dan lingkaran kertas karton berdiameter 60 cm dengan menggunakan kawat pengait pada bagian tengah lingkaran.
- Pasang tanda panah pada lingkaran bagian atas.
- Tuliskan klasifikasi polimer yang ditunjukkan oleh tanda panah pada masing-masing lubang klasifikasi polimer.
Prosedur Penggunaan
Media Polymer Magic Wheel ini adalah media yang dapat dipasang di kelas kimia untuk membantu siswa dalam mengetahui dan menghafal klasifikasi berbagai polimer. Namun selain itu media ini dapat digunakan sebagai media untuk games dalam kelas pada materi polimer. Adapun salah satu games yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
- Kelas dibagai dalam berbagai teams yang teridiri dari 4-5 siswa
- Kelompok tersebut membuat lingkaran dengan anggota kelompok berbaris ke belakang
- Guru meminta siswa untuk mengestafetkan sebuah bola sambil memutar musik untuk mengiringinya.
- Ketika musik dihentikan, siswa yang mendapatkan bola tersebut diminta untuk memutar Polymer Magic Wheel.
- Kelompok tersebut mendiskusikan mengenai nama monomer, jenis monomer, kegunaan/seumber, serta reaksi polimerisasi yang terjadi pada polimer tersebut dan menjelaskan kepada teman-teman yang lain.
- Apabila jawaban benar, kelompok tersebut mendapat skor. Siswa yang sudah menjelaskan di depan, kembali ke kelompoknya dan pindah posisi ke baris belakang.
- Guru mencocokkan penjelasan siswa yang menjelaskan dengan membuka tutup lubang klasifikasi polimer.
- Permainan dilanjutkan dengan mengestafetkan kembali bola diiringi dengan musik yang disetel guru.
0 Response to "Permainan Kimia (Media Polymer Magic Wheel)"
Posting Komentar