Nama Alat/ Judul : “Ular Tangga Kimia Redoks"
Materi/ Topik : Reaksi Redoks
Alat dan Bahan :
7. Pada garis start, diletakkan dua buah bidak yang ditempelkan dengan menggunakan
double tip.
8. Setelah tahap 1-7 selesai, ular tangga kimia redoks siap digunakan. Untuk menambah nilai estetika dan memperkaya pengetahuan kimia, pada bagian luar kotak ular tangga, ditempelkan gambar-gambar yang berhubungan dengan kimia, seperti warna larutan pada Erlenmeyer, penetesan cairan pada tabung reaksi, dan lain sebagainya.
Materi/ Topik : Reaksi Redoks
Alat dan Bahan :
- Kertas Karton
- Kertas Lipat
- Kardus
- Korek api batangan
- Gambar ular
- Sterofoam
- Triplek
- Dua buah bidak
- Lem kastol
- Gunting
- Spidol
- Double tip
- Paku
- Gambar-gambar aplikasi redoks dalam kehidupan sehari-hari (seperti pembakaran lilin dan apel yang telah dikupas).
Prosedur Pembuatan :
1.
Membuat rancangan papan ular tangga kimia redoks, selanjutnya membuat
desainnya denggan menggunakan Corel. Kemudian mencetak papan ular tangga kimia
redoks tersebut dengan kertas banner berukuran 1 x 1 m. Tujuan mencetak dengan
ukuran besar, karena nantinya games ini akan dimainkan bersama didepan kelas.
Papan ular tangga kimia redoks yang telah dicetak, kemudian dilapisi dengan
sterofoam dan triplek. Supaya tidak mudah rusak.
2. Membuat soal-soal dan menentukan unsur-unsur yang akan ditentukan jumlah biloksnya.
Kemudian soal-soal tersebut dicetak dengan menggunakan kertas buffalo
berwarna-warni. Untuk menambahkan unsur estetika dan kesan 3D, kertas soal
tersebut dilapisi dengan kertas kardus dan dibuat dalam bentuk yang beraneka
ragam.
3.
Dadu dibuat dengan menggunakan kertas karton, dengan
ukuran panjang, lebar, dan tinggi dadu masing-masing 10 cm. Supaya dadu
terlihat bagus dan menarik, maka kertas karton tersebut dilapisi dengan kertas
lipat berwarna.
4. Setelah soal-soal, gambar-gambar aplikasi redoks dalam
kehidupan sehari-hari, dan papan ular tangga kimia redoks dicetak, tahap
selanjutnya adalah memasang soal dan gambar-gambar pada papan kimia redoks
dengan menggunakan lem kastol. Penataan soal disesuaikan dengan rancangan
posisi tangga dan ular akan diletakkan. Gambar aplikasi redoks dalam kehidupan
sehari-hari juga menyesuaikan dengan soalnya. Contoh:gambar perubahan warna
apel diletakkan pada kotak soal yang berbunyi “Peristiwa perubahan warna apel yang
telah dikupas tergolong peristiwa …”.
5. Setelah soal-soal dan gambar aplikasi redoks dalam
kehidupan sehari-hari terpasang pada papan ular tangga kimia redoks, tahap
selanjutnya adalah memasang tangga dengan menyusun batang korek api yang
direkatkan menggunakan lem kastol. Posisi tangga disesuaikan dengan rancangan
ular tangga kimia redoks yang telah dibuat.
6. Tahap selanjutnya adalah memasang gambar ular dimana
gambar tersebut telah dilapisi dengan kertas gabus dyang direkatkan menggunakan
double tip. Posisi ular disesuaikan dengan rancangan ular tangga kimia redoks
yang telah dibuat.
7. Pada garis start, diletakkan dua buah bidak yang ditempelkan dengan menggunakan
double tip.
8. Setelah tahap 1-7 selesai, ular tangga kimia redoks siap digunakan. Untuk menambah nilai estetika dan memperkaya pengetahuan kimia, pada bagian luar kotak ular tangga, ditempelkan gambar-gambar yang berhubungan dengan kimia, seperti warna larutan pada Erlenmeyer, penetesan cairan pada tabung reaksi, dan lain sebagainya.
PERATURAN PERMAINAN “ULAR TANGGA KIMIA REDOKS”
1. Sebelum permainan dimulai, perwakilan dari
masing-masing kelompok melempar dadu sebanyak satu kali. Kelompok yang mendapat
angka dadu terbesar, berhak memulai permainan terlebih dahulu.
2. Permainan dimulai dengan pemain pertama melempar
dadu untuk menjalankan bidak dari titik START.
3. Apabila bidak berhenti dikotak SOAL, maka pemain
wajib menjawab soal tersebut.
·
Apabila jawaban benar, maka bidak maju satu
langkah dan seterusnya.
·
Apabila jawaban salah, maka permainan dilempar
ke kelompok lawan.
·
Apabila jawaban benar dan dikotak tersebut
terdapat tangga, maka bidak berjalan naik mengikuti tangga.
4. Apabila
bidak berhenti dikotak BILOKS, maka pemain wajib menjawab bilangan oksidasi
yang ada dalam soal BILOKS.
· Apabila bilangan oksidasi bernilai positif, maka
bidak berjalan maju sesuai jumlah bilangan oksidasi unsur tersebut.
· Apabila bilangan oksidasi bernilai negatif, maka
bidak berjalan mundur sesuai jumlah bilangan oksidasi unsur tersebut, dan
permainan dilempar ke kelompok lain. Permainan dimulai lagi dengan melempar
dadu.
5. Apabila bidak berhenti dikotak BLANK, maka
permainan dilempar ke kelompok lawan. Permainan dimulai lagi dengan melempar
dadu.
6. Apabila bidak berhenti dikotak yang terdapat
ular, maka bidak berjalan turun mengikuti ular.
7. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan
untuk menjawab pertanyaan (SOAL dan BILOKS) sebanyak 3 kali, apabila jawaban salah
sampai tiga kali, maka bidak maju selangkah.
8. Waktu untuk menjawab soal hanya 30 detik.
0 Response to "Permainan Ular Tangga Kimia Redoks"
Posting Komentar