Bilangan Kuantum

Pengertian Bilangan Kuantum

Bilangan kuantum adalah suatu nilai yang menjelaskan kuantitas kekal dalam sistem dinamis. Bilangan kuantum menggambarkan sifat orbital dan elektron dalam orbital.

Bilangan kuantum menentukan :
  1. Tingkat venergi utama atau jarak dari inti
  2. Bentuk orbital
  3. Orientasi
  4. Spin elektron
Setiap sistem kuantum dapat memiliki satu atau lebih bilangan kuantum.

Macam-macam Bilangan Kuantum

Untuk menjelaskan kedudukan elektron dibutuhkan empat macam bilangan kuantum. yaitu:
     1. Bilangan kuantum utama (n) yang menyatakan tingkat energi.
     2. Bilangan kuantum azimut (L) yang menyatakan bentuk orbital.
     3. Bilangan kuantum magnetik (myang menyatakan orientasi orbital.
     4. Bilangan kuantum spin (s) yang menyatakan  arah perputaran (spin) elektron dalam suatu atom.

Penjelasan Bilangan Kuantum 

1. Bilangan Kuantum Utama (n)
    

     Bilangan Kuantum Utama 2


2.      Bilangan Kuantum Azimuth (l)
Mekanika gelombang meramalkan bahwa setiap kulit (tingkat energi) tersusun dari beberapa subkulit (subtingkat energi) yang masing-masing subkulit tersebut dicirikan oleh bilangan kuantum azimuth yang diberi lambang (l).

Bilangan kuantum azimut mempunyai harga dari 0 sampai dengan (n-1) untuk setiap n, dan menunjukan letak elektron dalam subkulit. Setiap kulit terdiri dari subkulit (jumlah subkulit tidak sama untuk setiap     kulit elektron), dan setiap subkulit dilambangkan berdasarkan pada harga bilangan kuantum azimut (l).

       Untuk setiap subkulit diberi lambang berdasarkan harga bilangan kuantum l.
        
   Bilangan Kuantum Azimuth


        Lambang s, p, d, f diambil dari nama spektrum yang dihasilkan oleh logam alkali dari Li sampai dengan         Cs yang terdiri dari empat deret, yaitu tajam (sharp)utama (principal), kabur (diffuse), dan dasar         (fundamental). Sampai saat ini, elektron-elektron baru menempati subkulit-subkulit spd, dan f.                 Sedangkan subkulit gh, dan belum terisi elektron.

        Tabel di bawah ini menunjukan keterkaitan jumlah kulit dengan banyaknya subkulit serta jenis subkulit           dalam suatu atom.
   Tabel  jumlah kulit dengan banyaknya subkulit serta jenis subkulit dalam suatu atom
        
3.      Bilangan Kuantum Magnetik (m)
       Bilangan kuantum magnetik (m) menyatakan orbital khusus yang ditempati elektron pada suatu subkulit.        Bilangan kuantum magnetik juga menyatakan orientasi khusus dari orbital itu dalam ruang relatif                      terhadap inti. Nilai bilangan kuantum magnetik bergantung pada nilai bilangan kuantum azimuth, yaitu              semua bilangan bulat mulai dari –l sampai dengan +l, termasuk 0.
        
  Bilangan Kuantum Magnetik
       Dari tabel di atas terlihat bahwa nilai magnetik (m) diantara – l sampai + l (l = bilangan kuantum azimut).        Nilai bilangan kuantum magnetik suatu elektron tergantung pada letak elektron tersebut dalam orbital.            Nama-nama kotak di atas sesuai dengan bilangan kuantum magnetiknya. Dan perlu diingat juga dengan          mengabaikan tanda -/+ maka nilai m tidak mungkin lebih besar dari nilai l.

4.      Bilangan Kuantum Spin (s)
     Sambil beredar mengintari inti, elektron juga berputar pada sumbunya. Gerak berputar pada sumbu ini disebut rotasi. Hanya ada dua kemungkinan arah rotasi elektron, yaitu searah atau berlawanan arah jarum jam. Kedua arah yang berbeda itu dinyatakan dengan bilangan kuantum spin (s) yang mempunyai nilai = + 1/2 atau = – 1/2. Akibatnya satu orbital hanya dapat ditempati oleh maksimum dua elektron, di mana kedua elektron itu haruslah mempunyai spin yang berlawanan, sehingga menghasilkan medan magnet yang berlawanan pula. Medan magnet yang berlawanan ini diperlukan untuk mengimbangi gaya tolak-menolak listrik yang ada (karena muatan sejenis).

           Bilangan Kuantum Spin

  Hubungan keempat bilangan kuantum
   
Hubungan keempat bilangan kuantum

Dapat disimpulkan bahwa kedudukan suatu elektron dalam suatu atom dinyatakan oleh empat bilangan kuantum, yaitu:

      

      

0 Response to "Bilangan Kuantum"

Posting Komentar